SMK SWADAYA – Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap beberapa sektor ekonomi, Salah satunya sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Banyak pelaku UMKM mengalami penurunan nilai jual produk dikarenakan turunya daya beli masyarakat akibat pandemi Covid-19.
Untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan nilai jual produk, SMK Swadaya Semarang gandeng UMKM di Kota Semarang.
Kegiatan ini dihadiri oleh anggota unit Produksi SMK Swadaya Semarang dan 5 pengusaha UMKM di kota Semarang antara lain pengusaha Susu Marinos, pengusaha Good Milk, pengusaha Donat, pengusaha keripik kulit Dapoer, dan owner Banaina.
“Harapan Kami dengan adanya kerjasama Unit Produksi SMK Swadaya Semarang dengan pelaku UMKM yang ada di Kota Semarang dapat membatu menambah nilai jual produk pelaku UMKM dengan program unggulan sekolah yaitu digital marketing” ungkap Fadlul Khoiruddin B., S.EI, Rabu (22/12/2021).
Agar mampu melakukan persaingan maka perlu strategi. Terlebih lagi dimasa pandemi, strategi digital marketing merupakan stategi paling tepat saat ini, dimana suatu produk dipromosikan dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen lebih luas dan efisien. Akan tetapi tetap memprioritaskan kenyamanan dan permintaan konsumen.
“SMK Swadaya Semarang juga memiliki e-commerce yaitu https://swadayastore.com/, dimana 5 pengusaha UMKM dapat menjual produknya ditoko Kami sehingga pelaku UMKM dapat meningkatkan omset penjualan produk dan memperluas pangsa pasar” tambah Fadlul Khoiruddin B., S.EI.